Contoh Soal dan Jawaban - Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Berikut ini kami lampirkan 40 contoh soal dan jawaban untuk pelajaran Sistem Informasi Manajemen.
Contoh Soal dan Jawaban Sistem Informasi Manajemen
Contoh Soal dan Jawaban Sistem Informasi Manajemen |
Daftar contoh soal dan jawaban untuk pelajaran Sistem Informasi Manajemen:
1. Seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, prosedur & konsep yang dihimpun untuk maksud & tujuan bersama, disebut :
a. Datum
b. Sistem √
c. Manajemen
d. Informasi
2. Tingkatan paling bawah (down) manajemen adalah :
a. Staffing
b. Pengendalian operasional √
c. Pengendalian manajemen
d. Perencanaan strategis
3. Unsur-unsur SIM berbasis komputer adalah, kecuali :
a. Hardware
b. Software
c. Money √
d. Database
4. Komponen sistem informasi berupa data yang masuk kedalam sistem informasi disebut dengan…
a. Model
b. Basis Data
c. Output
d. Input √
5. Sistem informasi yang mencatat transaksi ke dokumen-dokumen dasar kemudian mengolahnya ke dalam sistem informasi yang diolah untuk di jadikan informasi-informasi pencatatan nilai disebut..
a. Spreedsheet
b. Neraca
c. Buku besar
d. Transaction processing systems √
6. Tingkatan manajer yang melakukan keputusan yang sifatnya terstruktur adalah manajemen tingkat…
a. Bawah
b. Menengah
c. Atas bawah
d. Atas √
7. Urutan yang benar siklus pengolahan data dari sistem informasi adalah:
a. model, Input, output, informasi
b. Input, model, output √
c. Input, model, output, informasi
d. Input, output, model
8. Penggunaan internet untuk melakukan bisnis disebut….
a. e-mail
b. e-bay
c. e-commerce √
d. e-learning
9. Yang menjadi fokus utama perbedaan E-business dengan E-Commerce terletak pada..
a. Strategi dalam merubah bisnis
b. Memberikan informasi dan mendapatkan feedback
c. Melakukan order pembelian √
d. Mendapatkan keuntungan
10. Elemen lingkungan perusahaan dibawah ini adalah, kecuali:
a. Pemerintah
b. Pegawai √
c. Pesaing
d. Pelanggan
11. Komponen yang digunakan pada SIM, kecuali :
a. Hardware
b. Manajer √
c. Software
d. Model Manajemen
12. Sebelum menghasilkan sebuah informasi data harus diolah kemudian data ini disimpan (storage) dalam bentuk basis data (database). Proses akhir ini disebut:
a. Data processing life cycle
b. Extended data processing life cycle √
c. Processing life cycle
d. Information life cycle
13. Kegiatan Manajemen dalam organisasi, kecuali:
a. Planning
b. Implementation √
c. Actuating
d. Controlling
14. Kualitas dari informasi, kecuali :
a. Akurat
b. Relevan
c. Efisien √
d. Tepat waktu
15. Informasi akan bernilai jika :
a. Semua benar
b. Biaya = manfaat
c. Biaya < manfaat √
d. Biaya > manfaat
16. Fungsi-fungsi manajemen, kecuali :
a. Staffing
b. Planning
c. Organizing
d. Design √
17. Tingkatan paling atas (top) manajemen adalah :
a. Staffing
b. Pengendalian operasional
c. Pengendalian manajemen
d. Perencanaan strategis √
18. Contoh dari top manajer adalah:
a. Mandor
b. Supervisor
c. Direktur √
d. Kepala bagian
19. Contoh dari middle manajer adalah :
a. Kepala bagian
b. Direktur
c. Mandor
d. Supervisor √
20. Tujuan dari pengendalian kerusakan perangkat keras adalah….
a. Analis sistem
b. Mendeteksi kesalahan √
c. Data processing feedback
d. Pengontrol data
21. Sumber daya fisik perusahaan meliputi, kecuali:
a. Pegawai
b. Kepercayaan √
c. Mesin
d. Bahan baku
22. Berikut merupakan beberapa kendala dalam mengembangkan sistem informasi global, kecuali:
a. Rintangan budaya dan komunikasi
b. Adanya anak perusahaan √
c. Kendala-kendala politis
d. Masalah-masalah teknologi
23. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
a. Melalui arus penggunaan infrastruktur
b. Melalui arus sumber daya manusia
c. Melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual √
d. Melalui arus keuangan
24. Yang dimaksud dengan sistem nilai adalah:
a. Jaringan penggunaan sumber daya keuangan untuk menciptakan keuntungan
b. Jaringan penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan Kompetitif √
c. Jaringan penggunaan infrastruktur untuk menciptakan kenyamanan bekerja
d. Jaringan penggunaan informasi untuk menciptakan rantai nilai
25. Sumber daya informasi sebuah perusahaan terdiri atas:
a. Spesialis informasi
b. Informasi
c. Piranti keras komputer
d. uang
26. Dalam lingkungan pemasaran, pihak yang membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir adalah:
a. Kolega
b. Pemasok
c. Penyalur √
d. Sales
27. Pihak yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa adalah?
a. penyalur
b. Sales
c. Kolega
d. Pemasok √
28. Dalam analisis manajemen perusahaan terdapat istilah SWOT yang merupakan singkatan dari?
a. Strength, weaknesses, opportunity, threats √
b. Sales, weaknesses, opportunity, threats
c. Sales, weight, opportunity, threats
d. Strength, weight, opportunity, threats
29. Dibawah ini, manakah yang tidak termasuk dalam fungsi manajemen?
a. Perencanaan
b. Pelaksanaan
c. Peningkatan kinerja √
d. Pengorganisasian
30. Rintangan budaya dan komunikasi dalam pengembangan sistem informasi global, kecuali:
a. Pembatasan pemrosesan data
b. Pembatasan pembelian dan impor peranti keras
c. Pembatasan komunikasi data
d. Pembatasan pengiriman data √
31. Dimensi dasar informasi yang diinginkan oleh pengembang sistem untuk menambah nilai dari informasi, kecuali:
a. Akurasi
b. Pelayanan √
c. Relevansi
d. Ketepatan waktu
32. Unsur utama yang yang terdapat dalam lingkungan luar perusahaan, kecuali:
a. Pemasok
b. Komunitas keuangan
c. Pegawai √
d. Pelanggan
33. Perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, negara, dan budaya disebut:
a. Perusahaan lokal
b. Perusahaan nasional
c. Perusahaan Multinasional √
d. Perusahaan berkembang
34. Jalur yang memfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan, disebut:
a. Rantai persediaan
b. Rantai nilai
c. Rantai kepercayaan
d. Rantai pasokan √
35. Berikut ini merupakan aktivitas dalam rantai pasokan, kecuali:
a. Meramalkan permintaan pelanggan
b. Menyiapkan jaringan transportasi
c. Membayar gaji karyawan √
d. membuat jadwal produksi
36. Yang termasuk aktivitas utama dalam dalam rantai nilai adalah:
a. Manajemen sumber daya manusia
b. Pengembangan teknologi
c. Pengadaan
d. Penjualan dan pemasaran √
37. Yang termasuk aktivitas pendukung dalam dalam rantai nilai adalah:
a. Pengembangan teknologi √
b. Operasi
c. Logistik barang keluar
d. Penjualan dan pemasaran
38. Keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan, disebut:
a. Keunggulan taktis
b. Keunggulan operasional
c. Keunggulan strategis √
d. Keunggulan manajerial
39.Keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari, disebut:
a. Keunggulan strategis
b. Keunggulan operasional √
c. Keunggulan taktis
d. Keunggulan manajerial
40. Nilai dari produk dan jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti yang diterima oleh pelanggan perusahaan, disebut:
a. Rantai nilai
b. Keunggulan kompetitif
c. Aktivitas nilai
d. Margin √
Nah kawan-kawan, itulah daftar 40 contoh soal dan jawaban pelajaran Sistem Informasi Manajemen. Semoga bermanfaat..